About Me

Ide-ide tidak pernah habis-habisnya untuk dibicarakan. Setelah itu lakukan

Sabtu, 23 Agustus 2008

Trik Melindungi Virus Masuk Ke Flashdisk



Virus . Trojan . Malware

Yang merusak komputer anda, sangat lah mengesalkan bukan ? Bimouw melanjutkan posting yang di sini dan sono. Untuk melindungi Komputer dari Virus, seluruh sumber virus haruslah dihentikan. Salah satunya UFD (USB Flash Drive), sering sekali Flash Disk kita main colok ke komputer ber-virus dan akhirnya saling menulari.

Sebetulnya ada trik mudah dan sederhana agar UFD tidak terkontaminasi dari komputer XX tersebut. Hal kecil yang ternyata cukup membantu men-stop penularan.

Klik "Selengkapnya.." for free your UFD from virus

1. Buat folder dengan judul yang mengandung simbol ASCII, contoh simbolnya sbb : { , Ω , δ , dll. Simbol ini dapat di copy dan di paste kan ke judul. Namun jika tidak suka dengan simbol contoh diatas, Kawan-Kawan dapat membuatnya dengan cara : menekan alt tahan lalu 3 angka di bagian num-lock lepaskan, seperti alt + 159 akan menghasilkan simbol : ƒ , dsb.

Kawan-Kawan dapat melihat daftar seluruh shotcut ASCII di sini (PDF).

2. Selalu membawa AntiVirus Portable, Mengapa harus portable? Karena seluruh file yang dibutuhkan dapat dijalankan tanpa melakukan instalasi terlebih dahulu. Contoh AV Portable adalah ANSAV, dan ClamWin, dsb. Namun kali ini bimouw hanya akan membahas ClamWin

ClamWin is a Free Antivirus for Microsoft Windows. It provides a graphical user interface to the Clam AntiVirus engine. It features:

* High detection rates for viruses and spyware
* Regular virus database updates. ClamAV team regularly updates virus databases to include a new virus/variant immediately after it appears
* Standalone Virus Scanner

Please note that ClamWin Free Antivirus does not include an on-access real-time scanner, that is, you need to manually scan a file in order to detect a virus or spyware. Also, ClamWin Portable has scheduled scans and updates disabled as they are not used in a portable scenario.

ClamWin dapat di download dari sini (Original Source).

Instalasi : Hanya double klik pada Icon Installer dan tunjuk Drive mana yang akan di-install. Apabila UFD anda pada Drive :G maka pilihlah Drive :G. Dan secara otomatis ClamWin akan terintall pada root folder UFD anda.

Cara Pemakaian : Hanya double klik pada icon ClamWin di UFD anda. Dan secara otomatis akan muncul jendela untuk Scan.

Update : Sudah ada Automatic Update, anda hanya perlu sering-sering membuka AV ini.

Upgrade : Download Versi terbaru dari ClamWin dan lakukan re-Install

3. Membuat file AutoRun sendiri (Sistem dimana komputer men-scan segala file di dalam UFD pada awal penyolokan Widget). Bimouw telah menyiapkan 2 file untuk Kawan-Kawan letak-kan pada root folder UFD.

File Pertama adalah : Bagi Kawan-Kawan yang tidak menginginkan AutoRun berjalan pada komputernya untuk UFD Kawan-Kawan, dapat menggunakkan file pertama ini.

Bisa di download dari sini (4shared), lalu extract dan letakkan pada root folder UFD Kawan-Kawan.

File Kedua adalah : Bagi Kawan-Kawan yang ingin selalu melakukan Scan Virus sebelum melakukan aktifitas, dapat menggunakkan file kedua ini.

Bisa di download dari sini (4shared), lalu extract seluruh isinya dan letakkan pada root folder UFD Kawan-Kawan.

Sampai sini dulu, rasanya sudah cukup untuk melindungi UFD Kawan-Kawan, namun ingat, apabila ingin UFD aman, ya jangan gunakan UFD Kawan-Kawan ..

0 komentar: