About Me

Ide-ide tidak pernah habis-habisnya untuk dibicarakan. Setelah itu lakukan

Selasa, 16 September 2008

Tips Optimasi Pencarian dengan Tool Search


Dengan adanya tool search, seperti Google, Yahoo, dll telah banyak membantu kita dalam rangka mencari informasi apa pun di internet dengan mudah hanya dalam hitungan detik. Namun kadang-kadang hasil pencarian terlalu ‘melebar” dan kurang spesifik sehingga tidak efektif. Ada beberapa tips untuk hasil pencarian yang efektif dan lebih spesifik.
Gunakan tanda kutip
Apit keyword dengan tanda kutip dari informasi yang ingin Anda cari.
Dengan memberi tanda kutip, tool search hanya akan mencari informasi tentang tips komputer sebagai satu kesatuan yang utuh.
Lain halnya jika Anda tidak memberi tanda petik, tool search akan mencari informasi tips dan komputer secara terpisah. Setiap ada kata tips maupun komputer akan dimasukkan ke dalam hasil pencarian sehingga tidak tepat sasaran.
Sebagai contoh, Anda ingin mencari informasi tentang tips computer, maka Anda dapat mengetikkan pada tool search “tips komputer”.
Untuk mengetahui perbedaannya, Anda dapat membandingkan hasil pencarian dari keyword “tips komputer” (diapit tanda kutip) dan tips computer (tanpa tanda kutip).
Gunakan tanda asterisk (*)
Anda dapat menambahkan tanda asterik (“*“) pada keyword atas frase di mana kita lupa gabungan katanya.
Sebagai contoh, Anda ingin mencari nama bank di Indonesia di mana Anda lupa terhadap nama suatu bank tersebut.
Anda dapat mengetikkan dengan keyword “bank * Indonesia”
Dengan keyword tersebut, semua bank yang ada di Indonesia yang ada di internet akan ditampilkan dalam hasil pencarian.
Selamat Mencoba!!
Sepertinya masih banyak yang lainnya, namun hanya ini yang saya ingat ketika saya baca pada tabloid komputek (waktu itu saya tidak sempat untuk membelinya) tentang tips efektif hasil pencarian. Silakan para pengunjung untuk melengkapinya pada kotak komentar.

0 komentar: